Istilah dalam air bersih

Air baku untuk air minum rumah tangga yang selanjutnya disebut air baku adalah air yang dapat berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yang memenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum.

Air minum adalah air minum rumah tangga yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Air Limbah adalah air buangan yang berasal dari rumah tangga termasuk tinja manusia dari lingkungan permukiman

Air permukaan adalah sumber air yang terdapat dipermukaan tanah seperti sungai, waduk, bendungan yang merupakan tampungan air hujan, danau.

Air tanah adalah sumber air yang berasal didalam tanah yang terbagi dalam air tanah bebas dan air tanah tertekan.

Asumsi dasar adalah semua landasan perhitungan pada saat ini dan prakiraan dimasa mendatang yang meliputi berbagai Parameter Ekonomi Makro atau statistik.

Bak flokulasi adalah bangunan atau sarana untuk proses pembentukan “flok” bagi partikel-partikel pengeruh pada air baku.

Bak sedimentasi adalah bangunan atau sarana untuk menghilangkan partikel-partikel pengeruh dalam air dengan cara penyaringan.

Bangunan pengambilan air baku adalah bangunan penangkap air dari mata air, air tanah dan air permukaan;

Bangunan pengambilan air baku adalah bangunan atau konstruksi penangkap mata air yang di bangun pada suatu lokasi sumber air yaitu sungai, mata air dan air tanah dengan segala perlengkapannya dan dipergunakan sebagai tempat untuk mengambil air tersebut guna penyediaan air bersih;

Biaya operasi adalah semua biaya yang diperlukan untuk menjalankan tau mengfungsikan suatu sistem penyediaan air minum secara optimal.

Biaya pemeliharaan adalah semua biaya yang diperlukan untuk menunjang terciptanya suatu kondisi optimal terhadap operasi sistem yang baik dan pencapaian umur pakai peralatan atau fasilitas suatu sistem air minum.

Broncaptering adalah bangunan penangkap air baku dari mata air.

Debit Perencanaan adalah kapasitas aliran air yang direncanakan dalam penentuan dimensi pipa.

Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk membubuh kimia penyebab penyakit dan lutut ;

EGL (Energi Grade Line) adalah garis energi yaitu garis yang menghubungkan titik-titik ketinggian tekanan statis sepanjang jalur pipa yang dihitung terhadap suatu datum tertentu. (Datum adalah titik/garis patokan yaitu muka air laut).

Faktor Hari Maksimum adalah angka perbandingan antara kebutuhan air pada hari maksimum dengan kebutuhan air rata-rata.

Faktor Jam Puncak adalah angka perbandingan antara kebutuhan air pada jam dengan kebutuhan air rata-rata.

HGL (Hydraulic Grade Line) adalah garis hidrolis yaitu garis yang menghubungkan titik-titik ketinggian tekanan sepanjang jalur pipa yang dihitung terhadap suatu datum tertentu. (Datum adalah titik/garis patokan yaitu muka air laut).

Hidran kebakaran adalah hidran yang digunakan untuk mengambil air jika terjadi kebakaran.

hidran umum adalah kran umum yang menggunakan bak penampungan air sementara dan dipakai oleh masyarakat umum disekitar lokasi hidran umum.

Hidrolik test adalah pengujian pipa dengan menggunakan tekanan air dan dilakukan pada jalur pipa memanjang;

infiltration gallery adalah jenis intake yang menggunakan pipa resapan untuk mendapatkan airnya.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah suatu kesatuan bangunanbangunan yang berfuingsi mengolah air baku meniadi air bersih/minum.

instalasi pengolahan air konvensional adalah instalasi pengolahan air sederhana yang sangat tergantung dari kualitas air bakunya.

instalasi pengolahan air lengkap adalah suatu instalasi pengolahan air baku menjadi air bersih yang lengkap terdiri dari unit-unit intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi desinfeksi. biasanya digunakan untuk mengolah air permukaan yang keruh.

instalasi pengolahan unit paket adalah instalasi pengolahan lengkap yang dibuat secara paket oleh pabrik dengan kapasitas tertentu.

intake adalah bangunan penangkap air atau tempat air masuk dari sungai, danau atau sumber air permukaan lainnya ke instalasi pengolahan;

Intake bendung adalah suatu jenis intake yang menggunakan bendung untuk mendapatkan airnya

Intake langsung adalah jenis intake untuk mengambil atau memanfaatkan air permukaan secara langsung apabila pompa pengisap air dipasang atau ditempatkan langsung ditebing sungai,danau atau waduk

Intake ponton adalah jenis yang menggunakan pelampung atau ponton sebagai tempat pompa hisapnya ( alat pompa mengikuti naik turunnya permukaan air )

Intake sumuran adalah suatu jenis intake dengan menggunakan saluran di dasar sungai untuk mendapatkan airnya

Intake tyroller adalah suatu jenis intake dengan menggunakan saluran didasar sungai untuk mendapatkan airnya

Jaringan Transmisi Air Baku adalah jalur pipa atau saluran pembawa air baku dari titik awal transmisi air baku ke titik akhir transmisi air baku.

Jaringan Transmisi Air Bersih adalah jalur pipa pembawa air bersih dari titik awal transmisi air bersih ke titik akhir transmisi air bersih.

Jasa pemborongan adalah kegiatan menyediakan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif.

Kebocoran adalah selisih antara volume air yang didistribuskan dengan volume air yang terjual ;

Kebutuhan Air Hari Maksimum adalah kebutuhan air bersih terbesar yang terjadi pada suatu hari dalam satu tahun.

Kebutuhan Air jam Puncak adalah kebutuhan air bersih tertinggi yang terjadi pada jam-jam sibuk (tertentu) setiap hari.

Kebutuhan Air Rata-Rata adalah kebutuhan air bersih rata-rata setiap hari.

Kehilangan tekanan adalah tekanan yang hilang pada suatu komponen perpipaan ;

Kran umum adalah jenis sambungan pelanggan yang mensuplay air melalui kran yang dipasang disuatu tempat tertentu agar mudah dipergunakan untuk umum guna mencukupi kebutuhan mandi cuci minum.

Masyarakat yang selanjutnya disebut SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum.

Mata air adalah tempat pemunculan sumber air tanah yang dapat disebabkan oleh topografi, gradien hidrolik atau struktur geologi.

Ozonisasi adalah proses desinfeksi dengan menggunakan ozon (03)

Pelanggan adalah kegiatan yang bertujuan membangun, memperluas dan/atau meningkatkan sistem fisik (teknik) dan non fisik (kelembagaan, manajemen, keuangan, peran masyarakat, dan hukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik.

Pemeliharaan sarana Pengambilan Air Baku adalah suatu kegiatan pengamanan terhadap sumber air, bangunan penangkap air dan perlengkapannya;

Pemeliharaan sistem Penyediaan Air Minum adalah serangkaian kegiatan pembersihan, perbaikan, penggantian instrumen dan suku cadang

Penampungan air hujan adalah tempat penampungan air hujan yang digunakan sebagai tempat penyediaan air.

Pengembangan SPAM adalah kegiatan merencanakan, melaksanakan konstruksi, mengelola, memelihara, merehabilitasi, memantau, dan/atau mengevaluasi sistem fisik (teknik) dan non fisik penyediaan air minum.

Pengguna barang/jasa yang selanjutnya disebut Penyelenggara adalah badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, koperasi, badan usaha swasta, dan/atau kelompok masyarakat yang melakukan penyelenggaraan pengembangan SPAM.

pengoperasian adalah rangkaian kegiatan mulai dari persiapan pelaksanaan, sampai dihasilkan produk;

Pengoperasian sistem Penyediaan air adalah serangkaian kegiatan dalam cakupan seluruh aktifitas tata kerja penyediaan air minum

Penyedia barang/jasa adalah orang perseorangan, kelompok masyarakat, atau instansi yang mendapatkan layanan air minum dari Penyelenggara.

Penyediaan air minum adalah kegiatan menyediakan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sehat, bersih dan produktif

Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang bertujuan membangun, memperluas dan/atau meningkatkan sistem fisik (teknik) dan non fisik (kelembagaan, manajemen, keuangan, peran masyarakat dan hukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik

Penyelenggara pengembangan SPAM adalah kondisi dimana prasarana dan sarana air minum sudah dilakukan uji coba dan hasilnya memenuhi standar kaidah teknik yang berlaku.

Penyelenggaraan pengembangan SPA adalah sarana dan prasarana pengambilan dan/atau penyedia air baku, meliputi bangunan penampungan air, bangunan pengambilan/penyadapan, alat pengukuran, dan peralatan pemantauan, sistem pemompaan, dan/atau bangunan sarana pembawa serta perlengkapannya

Perioda Perencanaan adalah lama waktu tertentu dalam tahun yang merupakan umur dari kemampuan kapasitas sesuatu yang direncanakan.

Perlindungan mata air adalah penyediaan air dengan cara melindungi dan menangkap air untuk ditampung dan disalurkan pada pemakai.

Pipa ” high density poly ethylene” adalah pipa yang terbuat dari bahan yang mengandung polyethelyn dengan kerapantan tinggi.

Pipa “clay” adalah pipa yang terbuat dari beton dengan perkuatan besi atau baja.

Pipa baja adalah yang terbuat dari baja yang terdiri dari bahan campuran besi dan Carbon

Pipa besi tuang atau “cost iron pipe” adalah jenis pipa yang terbuat dari besi cor.

Pipa beton adalah pipa yang terbuat dari beton dengan perkuatan besi atau baja.

Pipa distribusi adalah pipa yang dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih ke pelanggan atau konsumen.

Pipa ductile iron adalah pipa yang pembuatannya mirip dengan pipa “Cost Iron” namun secara struktur dalamnya berbeda.

Pipa Induk Distribusi adalah pipa utama untuk mendistribusikan air bersih dari reservoir distribusi ke daerah palayanan melalui titik-titik tapping sambungan sekunder.

Pipa primer adalah pipa distribusi air utama pada daerah tertentu sampai kepipa sekunder.

Pipa PVC adalah pipa dengan bahan dasar plastik yang mengandung poly vinil chlorida.

pipa sekunder adalah pipa distribusi yang dipergunakan untuk membagi air dari suatu wilayah pipa primer sampai kepipa tersier.

Pipa tertier adalah pipa distribusi yang langsung kerumah-rumah (konsumen)

Pipa transmisi adalah pipa yang dipergunakan untuk mengalirkan air baku ke unit pengolahan atau mengantarkan air bersih, dari unit pengolahan ke unit distribusi utama atau reservoir pembagi.

Pompa centrifugal adalah pompa yang menggunakan gaya centrifugal untuk dapat mengisap air.

Pompa non doging adalah pompa yang lengkap dengan peralatan tertentu sehingga tidak mudah tersumbat oleh lumpur atau kotoran lainnya sehingga diharapkan dapat bekerja terus menerus tanpa henti.

Pompa submersible adalah pompa dengan jenis konstruksinya kedap air sehingga motornya dapat berada didalam air.

Pompa turbin adalah pompa yang motornya terletak diatas permukaan sedangkan baling-baling/impeler pompanya terendam dalam air.

Prasarana dan Sarana Air Minum siap beroperasi adalah adalah sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mengolah air baku menjadi air minum melalui proses fisik, kimiawi an/atau biologi, meliputi bangunan pengolahan dan perlengkapannya, perangkat operasional, alat pengukuran dan peralatan pemantauan, serta bangunan penampungan air minum.

Pukulan air atau “water hammer” adalah tekanan balik dari kekuatan aliran air yang timbul apabila pompa pada suatu saat terhenti secara mendadak.

Reservoir adalah tempat penyimpanan air untuk sementara sebelum didistribusikan kepada konsumen jika diperlukan suatu waktu.

Reservoir adalah tempat penampungan air untuk sementara, sebelum didistribusikan ;

Reservoir Distribusi adalah bangunan untuk menampung air bersih sebelum didistribusikan.

Sambungan rumah adalah jelas sambungan pelanggan yang mensuplai langsung ke rumah-rumah biasanya berupa sambungan pipa-pipa distribusi air melalui water meter dan instalasi pipanya didalam rumah.

Saringan kasar naik turun yang selanjutnya disebut SKNT, adalah sistem penyediaan air bersih dengan cara penyeringan air baku yang menggunakan media batu dan pasir.

Saringan pasir cepat adalah unit pengolah air yang menggunakan suatu proses penyaringan pengendapan dan pemisahan partikel-partikel yang cukup besar dengan pengaliran cepat, biasanya menggunakan media pasir.

Saringan pasir lambat adalah unit pengolah air yang menggunakan suatu proses penyaringan, pengendapan dan pemisahan partikelpartikel yang cukup besar dengan pengaliran air yang lambat dengan menggunakan media pasir.

Saringan rumah tangga adalah penyediaan air dengan menggunakan media penyaring untuk penyediaan air bersih rumah tangga. Dibagi menjadi 4 type sesuai dengan sumber air baku yang digunakan, yaitu (1) air baku berasal dari air permukaan dengan tingkat kekeruhan rendah. (2) air baku berasal dari air permukaan dengan tingkat kekeruhan sedang. (3) air baku berasal dari air permukaan dengan tingkat kekeruhan tinggl. (4) air baku berasal dari air tanah yang mengandung besi

Saringan sumur resapan adalah suatu sistem pengambilan air dengan cara menampung air dari rembesan air permukaan.

Sisa Tekanan adalah tekanan air yang ada/tersisa di suatu lokasi pada jalur pipa yang merupakan selisih antara HGL dengan ketinggian/elevasi dari lokasi pipa yang bersangkutan.

Sistem air bersih adalah suatau sistem suplai air bersih yang meliputi sistem pengambilan air baku, proses pengolahan air baku, transmisi air baku, proses pengolahan air baku sistem transmisi dan reservoir air bersih serta sistem distribusiu atau perpipaan yang dapat dioperasikan sedemikian rupa sehingga terdapat tekanan yang cukup disetiap saat pada seluruh bagian sistem perpipaannya air harus tersedia untuk pemakaian setiap saat tanpa ada interupsi.

Sistem Cabang (Branch) adalah sistem jaringan pipa induk yang berbentuk cabang, sehingga terdapat satu arah aliran dari pipa induk ke pipa cabang sekunder, kemudian seterusnya ke pipa cabang tersier.

Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih adalah sistem perpipaan untuk mendistribusikan air bersih dari reservoir distribusi ke konsumen.

Sistem penyediaan air minum yang selanjutnya disebut SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum

Sistem Tertutup (Loop) adalah sistem jaringan pipa induk yang melingkar dan tertutup sehingga terdapat arah aliran bolak-balik.

Sumur bor adalah bangunan pemanfaatan air tanah dalam yang diperoleh dari hasil pengeboran

Sumur gali penyediaan air bersih dengan cara penggalian tanah untuk mendapatkan sumber air dan pengambilannya dengan menggunakan timba.

Sumur Pengumpul (Sump Well) adalah sumur pengumpul/penampung sementara air baku dari sumber sebelum dipompakan ke Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Sumur pompa tangan adalah penyediaan air bersih yang pengambilan airnya dengan menggunakan pompa tangan.

Test band adalah pengujian pipa yang dilakukan pada tiap sambungan pipa bagian dalam dengan tekanan 7,5 kg /CM2 dan dengan waktu tidak boleh kurang dari lima menit;

Unit air baku adalah sarana untuk mengambil air minum langsung oleh masyarakat yang terdiri dari sambungan rumah, hidran umum, dan hidran kebakaran.

Unit chlorinasi adalah salah satu unit pada bangunan pengolahan air yang berfungsi untuk pembubuh desinfektan (pembunuh bakteri dan kuman yang merugikan kesehatan).;

Unit distribusi adalah satu sistem pelayanan yang merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum dalam suatu sistem pelayanan air minum.

Unit mekanikal adalah unit yang terdiri dari jaringan listrik untuk suplai tenaga ke pompa-pompa lampu penerangan yang memerlukan tenaga listrik.

Unit panel dan kontrol adalah jumlah panel untuk mengkontrol jalannya operasi seperti operasi pompa, tekanan air, bahan kimia dan sistem listrik.

Unit pelayanan adalah kepala kantor/satuan kerja/pemimpin proyek/pengguna anggaran Daerah/pejabat yang disamakan sebagai pemilik pekerjaan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa dalam lingkungan unit kerja/proyek tertentu.

Unit pemompaan adalah satu unit yang terdiri dari pompa untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya yang dapat bekerja bersama-sama dengan hubungan seri atau paralel sesuai dengan kebutuhan kapasitas saat ini.

Unit produksi adalah suatu bagian dari sistem air bersih yang berfungsi memproduksi air bersih untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan (kuantitas dan kualitasnya), adapun unit produksi terdiri dari bangunan pengambilan air baku, saluran air baku, bangunan pengolahan, bangunan elektrikal mekanikal, saluran air bersih, reservoir.

Water meter adalah alat untuk mengukur banyaknya air yang dipergunakan konsumen dalam waktu tertentu.

Wilayah pelayanan adalah layanan pekerjaan pelaksanaan konstruksi atau wujud fisik lainnya yang perencanaan teknis dan spesifikasinya ditetapkan pengguna barang/jasa dan proses serta pelaksanaannya diawasi oleh pengguna barang/jasa.

Sumber :

- PP No. 16 tahun 2005

- Petunjuk Teknis Pengelolaan SPAM Perkotaan & Perdesaan 1998

- Pelaksanaan dan Pengawasan Pembangunan SPAM Perkotaan 1998

Responses

  1. thank you so..

  2. good, thanks……..:p. salam kenal

  3. Great submit, very informative. I wonder why the opposite experts of this sector don’t realize this. You should continue your writing. I’m confident, you have a great readers’ base already!|What’s Going down i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively helpful and it has helped me out loads. I am hoping to give a contribution & assist other customers like its aided me. Great job.

  4. air bersih di perkotaan makin susah dapatnya, katanya skrg air PAM juga belum tentu bersih…jadi pusing deh…
    btw nice share :)

  5. nice share

  6. terimakasih

  7. terimakasih gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: